Beranda DAERAH Festival Pulau Senua Dikuti Ribuan Pengunjung Lokal Dan Luar Daerah

Festival Pulau Senua Dikuti Ribuan Pengunjung Lokal Dan Luar Daerah

53

NATUNA, KepriKabarDaerah.com- – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Natuna melanjutkan Even Festival Pulau Senoa, yang merupakan kalender event Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau pada tahun 2018, yang di laksanakan di Pulau Senua salah satu Destinasi Pariwisata Kabupaten Natuna, Minggu (24/06/2018).

Pada pelaksanaan Festival Pulau Senua berlangsung, diikuti  ribuan para pengunjung lokal dan juga pengunjung luar daerah ikut menikmati keindahan pulau senua.

Festival tersebut diikuti beberapa perlombaan dan kegiatan meliputi, lomba pacu kolek, lomba renang, lomba bercerita, volly pantai, panjat pohon pinang, lomba Kuliner, aksi bersih pulau senoa dan Doorprize.

Kata sambutan Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal sekaligus membuka secara Resmi Festival Pulau Senua

Dalam sambutan Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal sekaligus membuka secara resmi Festival Pulau Senoa mengatakan, Kita patut bersyukur karena Kabupaten Natuna telahpun dianugerahi begitu besar potensi yang sepatutnya akan menjadi nilai tambah bagi upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lanjut Hamid mengatakan, diantaranya pada sektor pariwisata dengan segala aspek yang dapat mendukung pengembangannya seperti beragam atraksi budaya, kerajinan tangan daerah, jati diri dan sifat keramahan masyarakat melayu Natuna dalam menyambut kedatangan setiap pengunjung.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Natuna, saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang telah menetapkan program kegiatan ini di Kabupaten Natuna sebagai wujud sinergitas bagi upaya pengembangan sektor pariwisata daerah dan penumbuhan ekonomi masyarakat Natuna” Kata Hamid

Lanjut Hamid mengatakan, pembangunan bukan hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah semata, melainkan kita semua harus pula memberikan kontribusi didalamnya.

“Kita berharap agar kegiatan ini dapat terealisasi setiap tahunnya, karena dengan demikian keterlibatan masyarakat akan terbuka lebih kreatif. Seperti peluang ekonomi para pengrajin, pelaku usaha kuliner, penggiat atraksi budaya, dan lain sebagainya”Harapan Hamid.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Natuna, Erson Gempa Afriandi, SSos, MA, yang juga bertindak sebagai Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan dalam laporannya mengatakan, bahwa hari ini yang kedua kalinya Kabupaten Natuna menggelar Festival Pulau Senua.

“Tahun-tahun kedepan masyarakat berharap Festival Senua ini dapat dilaksanakan lebih dari satu hari, kalau boleh dua hari atau tiga hari”, ujarnya.

Dikatakannya, rangkaian kegiatan event dalam Festival Pulau Senua 2018 akan melaksanakan beberapa lomba dan kegiatan antara lain, pelepasan anak tukik oleh Bupati Natuna Hamid Rizal dengan diikuti seluruh undangan VIP, lomba pasang kolek yang merupakan perahu nelayan tradisi Natuna, lomba renang, lomba volly pantai, panjat pinang, lari karung, lomba cerita rakyat, lomba kuliner tradisional khas Natuna yaitu tabel mando dan kernas.

“Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan sosial bersama dari seluruh pengunjung Festival Pulau Senua, yaitu kegiatan aksi bersih Pulau Senua yang kegiatannya nanti akan dikemas dalam sebuah permainan dan berhadiah doorprize”, ungkapnya.

Festival Pulau Senua ini, jelas Erson, pada dasarnya merupakan kalender event Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dibawah kendali Dinas Pariwisata Provinsi Kepri yang ditempatkan di Natuna.

“Dalam pelaksanaan kegiatannya, pembiayaan event ini dilakukan secara bersama-sama (patungan) antara Dinas Pariwisata Provinsi Kepri bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna dengan mendapat dukungan penuh dan bantuan dari Kementerian Pariwisata”, tuturnya.

Diakhir laporannya, Erson, mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah terlibat penuh dalam mensukseskan Festival Pulau Senua yang kedua ini.

Turut hadir dalam acara tersebut, Asisten Deputi Pemasaran Regional Kementerian Pariwisata RI, Dra. Masruroh, Ketua DPRD Natuna, Yusri Pandi, segenap Anggota FKPD Natuna, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Drs. Buralimar, M.Si, pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Natuna, para penggiat, pelaku usaha sektir Pariwisata dan seluruh pengunjung.

OKY