Beranda KEP. NATUNA Bupati Natuna Hamid Rizal Laksanakan Peninjauan KM. Bukit Raya Pasca Kandas Dilaut...

Bupati Natuna Hamid Rizal Laksanakan Peninjauan KM. Bukit Raya Pasca Kandas Dilaut Natuna Utara

157

NATUNA,KeperiKabarDaerah.com-Setelah pemberitaan yang sudah dinaikan sebelumnya mengenai Kandasnya KM. Bukit Raya di Laut Natuna Utara, dikarang Neneh Jum’at (18/5/2018).

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal di dampingi Sekda Kabupaten Natuna Wan Siswandi beserta Kadishub Iskandar Dj, turun langsung Peninjauan ke tempat kejadian Kandasnya KM. Bukit Raya di Karang Neneh, Kecamatan Bunguran Barat Kabupaten Natuna, Sabtu (19/5/2018) Pagi.

Foto Bupati Natuna Hamid Rizal berdampingan pada saat peninjauan KM. Bukit Raya yang Kandas dikarang Neneh

Keberangkatan Bupati Natuna bertolak diplabuhan Penagi sekitar Pukul 07:30 Wib menggunakan Feri Indra Perkasa dengan perjalanan 3 jam.

Sampainya di KM. Bukit Raya tersebut Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal Melemparkan beberapa pertanyaan, mengenai sarana prasarana yang akan di lakukan oleh Kepala KM Bukit Raya terhadap penumpang Midai, Serasan dan Juga tujuan Pontianak.

“Melihat keadaan Kapal yang masih kandas, Kami Pemerintah Daerah juga mengupayakan untuk penumpang pihak Pelni bisa menetralisir agar semua bisa berjalan semestinya” Kata Hamid Rizal

“Kita ketahui setiap menyambut lebaran banyak Masyrakat Natuna, dari Mahasiswa juga perlu transportasi Untuk Pulang ke Natuna, tentunya apabila terjadi kendala pada KM. Bukit Raya, kami Juga sudah mengirim Surat ke pusat, agar mempersiapkan Kapal- Kapal lain untuk menyambut Mudik dilebaran”Jelasnya Hamid

“Untuk sementara kita berharap KM. Bukit Raya bisa berjalan seperti biasanya”Harap Hamid

Pada saat peninjauan dikapal, Hamid Rizal turun ke Deck 2 Untuk melihat langsung yang sudah terendam 1 m.

Kesempatan yang sama Kepala KM. Bukit Raya menjelaskan mengenai evakuasi penumpang dan Kronologis Kandasnya Kapal. “Pada saat evakuasi penumpang semalam kita juga sempat menahan para penumpang, karna tiba-tiba angin berderu kencang dan hari menjadi gelap”Jelas Nofiansyah pada saat benda mengevakuasi.

Kondisi KM. Bukit Raya, yang Kandas dikarang Neneh

“Kami pun menunggu hari cerah dan baru Laksakan evakuasi pada penumpang dan memasang baju renang kepada setiap penumpang, agar tidak terjadi hal-hal yang dinginkan”Jelasnya lagi.

“Dan terjadi kejanggalan juga mengenai Kandasnya Kapal ini, karna pada saat air surut posisi Lunas Kapal ke dasar laut masih berjarak 3 meterlah”terangnya dengan bingung

“Apalagi pada saat air pasang jadi semakin timbul lunas kapal ke dasar laut,tetapi  Kapal kandas, satu saja kecurigaan saya,  kemungkinan ada satu karang yang besar mengakibat kapal kandas dan bocor” terangnya lagi.

Nofiansyah juga menerangkan bahwa, mengenai penumpang tujuan Midai dan Serasan kita evakuasi ke darat dulu, dan tujuan Ponti menggunakan Kapal KM. Sabuk, dengan tiket yang sudah kita siapkan, dikarnakan Kapal dalam proses perbaikan.

Harapan Nofiansyah, Melihat Masyarakat Natuna juga mayoritas transportasinya menggunakan KM. Bukit Raya, kita akan mengusahakan pada saat sebelum lebaran kapal sudah bisa berjalan seperti biasanya.

“Mengenai perbaikan kapal sementara kita memanggil tim Sar Untuk menyelam untuk melihat secara jelas kebocoran Kapal ini”tutupnya.

Hadir juga Danposal Sedanau Sarsan Mayor Sukirno pada saat berlangsungnya peninjauan Bupati Natuna ke KM. Bukit Raya.     Laporan : Okypranata.