Beranda ANAMBAS Indra Joni Pimpin Rapat fasilitasi Input Data APBDes Tahun 2018

Indra Joni Pimpin Rapat fasilitasi Input Data APBDes Tahun 2018

42

NATUNA, Kabar Daerah- Kadis PMD kabupaten Natuna Indra Joni Pimpin Rapat fasilitasi Input Data APBDes Tahun 2018 yang harus di Realisasi tiap-tiap Desa.

Penyampaian Indra joni mengatakan, dalam upaya mempercepat Input data APBDes, dengan arti kata tiap-tiap Desa bisa segera menyelesaikan, penyusunan APBDes menggunakan Program Aplikasi (siskeudes), yang sudah kita terapkan pada tahun sebelumnya.

Lanjut Indra Joni mengatakan, dengan percepatnya penyusunan APBDes ,tiap-tiap desa juga cepat menerima DD dan ADD, dan bisa melaksanakan program pembangunan.

Masih Indra Joni mengatakan, mengenai Dana Desa dari Pusat untuk seluruh Desa di Natuna mengalami penurunan sekitar Rp 3 milyar. Tahun 2017 lalu sebesar Rp 57, 1 milyar, sedangkan tahun 2018 ini hanya sekitar Rp 54, 3 milyar.

“Begitu juga dengan ADD (alokasi dana desa, red), tahun kemarin Rp 71 milyar, tahun ini hanya Rp 54 milyar, terjadi penurunan hampir 20 persen,” katanya

“Dengan turunya anggaran DD, dan ADD, kepada seluruh Desa-Desa bisa menggunakan Dana tersebut seperti biasanya, adakan Pembangunan- bermusyawarah secara berjenjang dan bertingkat tentu melalui aspirasi masyarakat “. Kata Indra Joni.

Tenaga Ahli Pemberdayaan Perangkat Desa mengatakan, bahwa pihaknya siap menjembatani dan memfasilitasi penggunaan DD sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP), agar berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Lanjut Apryadi, saling bersinergi dalam memfasilitasi, apa yang kita diskusikan, demi pembangunan di Desa masing-masing, yang seperti kita ketahui melalui penyampaian Kadis PMD, dan semoga kedepannya Natuna lebih cepat lagi dalam penyusunan APBDes.

Turut Hadir dalam kesempatan tersebut, beberapa Sekretaris Desa (Sekdes) beserta Kaur Perencanaan Kegiatan Desa, Para Pendamping Desa dan Pendamping Kecamatan yang ada di Natuna.(Oki Pranata)